5 konsep kunci dalam poker dan catur

5 konsep kunci dalam poker dan catur

Artikel ini adalah tindak lanjut dari Pemikiran hebat: 10 pemain yang unggul dalam catur dan poker. Kami akan melihat 5 konsep utama dalam poker dan catur. Konsep-konsep ini tidak selalu mudah untuk dipahami tetapi menjadi menarik saat Anda berusaha untuk menjelajahinya.

Perbedaan

Varians adalah alasan mengapa Magnus Carlsen tidak memenangkan setiap turnamen yang dia mainkan. Hal ini dapat digambarkan sebagai ukuran dari “ketidakpastian olahraga yang mulia” (yang mana keduanya adalah catur dan poker kompetitif!) .

Dalam catur, perbedaan antara peringkat Elo kedua pemain memberikan skor yang diharapkan menurut tabel ini:

Misalnya, seorang pemain dengan evaluation 2193 bermain melawan 2000 akan, rata-rata, skor 0,75 poin (menang = 1 poin dan seri = 0,5 poin).

Tabel ini juga digunakan untuk menghitung kinerja: jika Anda mendapat skor 7,5 / 10 terhadap peringkat rata-rata 2000, kinerja Anda akan menjadi 2193.

Tabel tidak memberikan persentase undian. Anda bisa mencetak 75percent dengan memenangkan 75percent dan kalah 25percent dari permainan atau dengan memenangkan 50percent dan menggambar 50%.

Persentase undian tergantung pada banyak faktor seperti degree (pemain shirt menggambar lebih banyak), gaya (Jadi, menarik lebih dari Nepomniachtchi), kontrol waktu (persentase undian meningkat dengan kontrol waktu), atau warna pemain yang lebih baik (ada lebih imbang ketika pemain yang lebih kuat memiliki Hitam).

Berdasarkan Karya Fran├žois Labelle, inilah yang dapat kami harapkan dari 2800 pemain:

Seperti yang kita lihat, ada perbedaan dalam catur, tetapi dampaknya terbatas dan, segera, pemain yang lebih baik akan menang.

Dalam poker, varians memainkan peran yang jauh lebih sentral.

Tanpa membahas terlalu banyak detail, katakanlah jika Anda bermain poker seharga $ 100 (buta besar $ 1), setelah 100 tangan, Anda akan dianggap sebagai

  • bagus jika Anda menang, rata-rata, $ 5
  • sangat bagus jika Anda menang, rata-rata, $ 10
  • Sangat bagus jika Anda menang, rata-rata, $ 20

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, “rata-rata” menyiratkan tingkat kemenangan Anda dapat bervariasi. Seperti dalam catur, varian akan bergantung pada banyak faktor seperti formatnya (turnamen memiliki varian yang lebih besar daripada permainan uang), varian (Omaha memiliki varian yang lebih besar daripada Holdem), jumlah orang yang Anda lawan (dalam permainan uang, lebih sedikit orang berarti lebih banyak variance), atau gaya permainan Anda.

Tabel berikut memberikan kemungkinan kehilangan uang setelah sejumlah tangan.

Seperti yang kita lihat, varians memiliki dampak yang dalam dalam poker dan meskipun pemain yang lebih baik pada akhirnya akan menang, jangka panjangnya jauh lebih lama daripada di catur.

Informasi sempurna vs. informasi yang tidak sempurna

Tidak seperti catur, poker memiliki informasi tersembunyi (kartu pit lawan). Ahli teori permainan menyebut catur sebagai permainan informasi sempurna dan poker sebagai permainan informasi tidak sempurna.

Perbedaan ini memiliki implikasi yang lucu:

Dalam catur, kita biasanya ingin bergerak (kecuali saat di zugzwang). Karena kedua pemain memiliki semua informasi, tidak ada pemberian saat bergerak.

Dalam poker, kami biasanya ingin bertindak terakhir karena kita akan memiliki lebih banyak informasi daripada yang dimiliki lawan kita ketika mereka bertindak.

Permainan sempurna, strategi murni, dan strategi campuran

Seorang pecatur yang sempurna selalu dapat memainkan gerakan yang sama setiap kali mereka menghadapi situasi yang sama. Tampaknya terbukti dengan sendirinya, tetapi seperti yang akan kita lihat, itu tidak benar dalam poker.

Dalam catur ada secara teoretis hanya 3 kemungkinan evaluasi posisi:

  • Putih menang
  • Posisinya ditarik
  • Hitam menang

NB: Evaluasi tradisional seperti + = atau +/dan evaluasi komputer di kelabang seperti +0. 22 hanya berguna dalam praktik, di antara pemain yang tidak sempurna.

Menurut teori permainan, bermain catur dengan sempurna berarti memainkan gerakan yang tidak mengubah evaluasi posisi.

Jika beberapa gerakan tidak mengubah evaluasi posisi, Anda dapat memilih salah satunya secara acak atau selalu memilih gerakan yang sama setiap kali Anda menemukan posisi ini. Melakukan yang terakhir akan mengikuti a strategi murni, satu di mana keacakan tidak terlibat.

Untuk memahami permainan sempurna dalam poker, Anda harus terlebih dahulu memahami permainan sempurna dalam gunting kertas batu. Katakanlah Anda memainkan AI yang menganalisis sejarah lawannya, mencoba mendeteksi pola, dan kemudian menebak langkah selanjutnya. (Jika Anda bertanya-tanya, ya, AI semacam itu memang ada).

Jika Anda hanya bermain satu putaran, tidak masalah apa yang Anda pilih: bermain batu, kertas atau gunting dalam setiap kasus akan menjadi langkah yang sempurna.

Anda bermain stone dan begitu pula AI. Ini hasil imbang. Sekarang jika Anda terus bermain stone saja, AI akan menyesuaikan dengan hanya memainkan kertas dan memenangkan setiap putaran.

Dalam gunting kertas batu, permainan yang sempurna adalah memilih masing-masing dari 3 kemungkinan dengan probabilitas yang sama yaitu 1/3. Inilah yang kami sebut a strategi campuran karena Anda harus menetapkan probabilitas untuk dimainkan ke lebih dari satu kemungkinan aksi.

Dalam poker, permainan sempurna dalam situasi tertentu hampir selalu merupakan strategi campuran. Misalnya, dapat meningkatkan jumlah tertentu 80percent dari waktu, untuk meningkatkan jumlah lain 15percent dari waktu, dan memanggil 5 percent dari waktu.

Seorang pemain poker yang sempurna tidak akan selalu memainkan gerakan yang sama setiap kali mereka menghadapi situasi yang sama!

Bermain dengan sempurna vs. bermain bagus

Posisi ini ditarik dan setiap langkah hukum mengarah ke hasil imbang. Jadi, jika Anda bermain melawan pemain yang sempurna (seperti seseorang yang menggunakan tablebases) dan jika Anda juga bisa bermain dengan sempurna, tidak masalah apa yang Anda mainkan di sini, karena permainan pasti akan berakhir seri. Dalam hal ini, 1. Kb6, 1. Na3, dan 1. Ra2 adalah gerakan yang sempurna.

Namun di antara manusia, 1. ) Kb6 jelas merupakan satu-satunya langkah yang baik, dengan peluang menang yang lebih atau kurang, tergantung pada degree pemainnya. Dan 1. Ra2 ?? adalah kesalahan yang lebih besar dari 1. Na3 ?? .

Kami baru saja melihat bahwa langkah yang sempurna menurut teori permainan mungkin bukan langkah yang baik menurut evaluasi umum. Meskipun demikian, tampaknya tidak mungkin untuk mempertimbangkan langkah yang baik yang mengubah evaluasi, seperti langkah kalah dalam posisi ditarik. Untuk menyimpulkan: dalam catur, gerakan yang baik selalu sempurna, tetapi gerakan yang sempurna tidak selalu baik.

Kami akan segera melihatnya dalam poker, sementara strategi yang sempurna selalu bagus, strategi terbaik jarang yang sempurna!

Bayangkan lawan Anda tidak mencoba menangkap gertakan Anda sesering yang seharusnya. Strategi terbaik adalah menggertak lebih banyak. Tetapi dengan melakukan itu, Anda mengekspos diri Anda pada strategi balasan yang sederhana: lawan Anda dapat menelepon Anda lebih sering. Tetapi dengan melakukan itu mereka mengekspos diri mereka pada strategi balasan sederhana: tidak pernah menggertak dan bertaruh hanya dengan tangan yang baik. Tapi dengan melakukan itu … Anda mendapatkannya.

Untuk bermain dengan sempurna, Anda harus, antara lain, menggertak dan memanggil jumlah yang tepat dalam setiap situasi, yang oleh pemain poker disebut memiliki rentang yang seimbang atau bermain sesuai dengan Sport Theoretical Optimum.

Jika Anda bermain GTO, lawan Anda dapat melakukan apa pun yang dia inginkan, memainkan banyak tangan atau hanya beberapa, menggertak sering atau jarang, membuat taruhan besar atau kecil, dan dalam jangka panjang Anda tidak akan pernah kehilangan uang. Faktanya, jika lawan Anda tidak memainkan GTO sendiri, Anda akan memenangkan uang.

Tetapi jika lawan Anda tidak bermain dengan sempurna (dan tidak ada yang melakukannya), Anda akan menghasilkan lebih banyak uang dengan memainkan strategi yang eksploitatif – namun dapat dieksploitasi – seperti menggertak lebih banyak jika dia tidak menelepon Anda sesering yang seharusnya.

Untuk menyimpulkan, dalam poker, strategi terbaik melawan pemain yang tidak sempurna adalah selalu memainkan strategi tidak sempurna lainnya!

Sport dua pemain vs. game Multipemain

Dalam permainan two pemain seperti catur atau poker head-up, Anda selalu senang melihat lawan melakukan kesalahan. Kedengarannya mengejutkan, dalam sport multipemain, kesalahan salah satu lawan Anda bisa merugikan Anda.

Gagasan bermain sempurna dalam sport multipemain hanya berlaku jika setiap pemain bertindak untuk kepentingan terbaiknya. Tetapi pemain dapat berkelompok menjadi koalisi untuk membuat permainan yang tampaknya buruk, yang akan merugikan mereka dan Anda, tetapi bermanfaat bagi salah satu sekutu mereka.

Bayangkan Anda bermain melawan 5 lawan yang lebih lemah. Jika masing-masing dari mereka mencoba untuk bertindak demi kepentingan terbaik mereka, sebaik mungkin, Anda akan mengalahkan mereka. Tetapi jika mereka membentuk koalisi, Anda mungkin akan dihancurkan, karena mereka sengaja membuat “kesalahan” yang bermanfaat bagi sekutu mereka.

Tak perlu dikatakan bahwa koalisi dianggap curang dan dilarang. Namun, lawan bisa saja membuat kesalahan yang tidak disengaja yang akan merugikan dia dan Anda serta menguntungkan pemain ketiga.


Kami akan menyelenggarakan turnamen poker kasual dengan GM Jan Gustafsson, GM Laurent Fressinet, dan lainnya yang bekerja sama dengan partypoker.dll segera. Jika Anda ingin menerima informasi lebih lanjut, kirim email ke marketing@chess24.com atau tinggalkan komentar di bawah!